Penyuluhan Tentang Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Cara N Trik –  Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut sangat penting perananannya guna mencerdaskan anak bangsa dan memberikan informasi yang bermanfaat dalam hal menjaga kebersihan serta kesehatan gigi dan mulut. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa gigi adalah bagian paling penting di dalam mulut yang fungsinya untuk berbicara serta makan. Lantas apa yang bisa menyebabkan gigi rusak dan bau mulut? Bagaimana solusi tepat dan benar untuk menyelesaikannya? Mari kita simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

http://carantrik.com/penyuluhan-tentang-menjaga-kesehatan-gigi-dan-mulut/

Apa yang Menyebabkan Gigi Mengalami Kerusakan?

Gigi mengalami kerusakan karena disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah kurang menjaga kebersihan gigi serta mulut. Penyuluhan ini diperuntukkan bagi anak usia bersekolah yang memiliki kecenderungan untuk mengkonsumsi makanan manis seperti contohnya permen dan cokelat. Hal ini yang menjadi sebab utama banyak anak usia sekolah yang bermasalah pada kerusakan gigi. Penyuluhan ini tepat sasaran bermaksud mengedukasi anak-anak usia sekolah bahwa kesehatan gigi serta mulut sangat penting adanya.

Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut ingin mengajarkan kepada anak sekolah bahwa gigi sehat mempunyai pengertian yaitu gigi yang bersih sempurna tanpa ada plak dan juga bebas karang gigi. Gigi sehat juga tidak akan mengalami gejala sakit atau ngilu. Tanda-tanda karies gigi atau pengeroposan gigi dialami pada gigi yang sehat.

Tips Bagaimana Cara Tepat Merawat Gigi dan Mulut Supaya Selalu Sehat dan Bersih

Cara merawat gigi serta mulut agar selalu bersih dan sehat tentu saja dimulai dengan hal-hal yang sederhana. Jadi perlu diingat, jangan sampai menunggu terjadi pengeroposan gigi dan bau mulut, baru melakukan perawatan gigi. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Untuk upaya pencegahan terjadinya kerusakan gigi dan juga bau mulut, berikut ini akan kami sampaikan beberapa langkahnya untuk Anda:

  • Mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi, sebisa mungkin yang mengandung empat sehat lima sempurna
  • Membatasi makanan maupun minuman yang kandungan karbohidrat atau gulanya cukup tinggi, seperti contohnya permen, es krim, coklat dan masih banyak lagi lainnya. Mengapa demikian? Karena kandungan gula yang tinggi ini menjadi pemicu terbesar pengeroposan gigi.  Selain itu Anda juga bisa menghindari makanan yang lengket, serta makanan yang tidak perlu proses pengunyahan yang cukup, contohnya fast food, yang bisa mempercepat terjadinya penumpukan plak gigi.
  • Menyikat gigi setiap hari, baik itu sesudah sarapan maupun sesudah makan malam, sebelum tidur dengan teknik menyikat dan pasta gigi serta sikat gigi yang baik dan benar.
  • Pastikan pasta gigi yang Anda gunakan mengandung fluoride,  yang dapat mencegah dan meminimalisir terjadinya karies atau pengeroposan gigi.
  • Memeriksakan gigi dan mulut pada dokter gigi yang terpercaya secara berkala setiap enam bulan satu kali. Hal ini dilakukan agar permasalahan gigi berlubang yang belum terlalu terlambat bisa segera teratasi sebelum terlanjur membesar. Kondisi ini disebut dengan deteksi dini alias pencegahan. Gigi yang sudah mengalami lubang kecil tidak akan bisa mengecil lagi, malah jika penanganan terlambat bisa terus membesar dan semakin parah.

Teknik Menggosok Gigi yang Baik dalam Penyuluhan

Berikut ini akan kami sampaikan bagaimana cara menggosok gigi yang baik dan benar. Tujuan utama dari menggosok gigi adalah supaya gigi senantiasa terjaga dan terawat, terhindar dari pengeroposan dan kerusakan permanen. Hal-hal yang harus disiapkan untuk memulai kegiatan gosok gigi antara lain, sikat gigi yang lembut dan sesuai dengan kontur mulut dan gigi Anda. Pastikan ukurannya pas jangan terlalu kecil maupun terlalu besar yang bisa melukai gusi. Piih bulu sikat lembut dan halus. Selanjutnya adalah pasta gigi yang mengandung fluoride dan rasanya menyegarkan seperti mint, kemudian air bersih untuk berkumur.

Langkah-langkah menggosok gigi:

  1. Basahi mulut dan gigi dengan berkumur satu kali.
  2. Aplikasikan sikat gigi dengan pasta gigi dan gosok secara rinci bagian gigi jangan sampai ada yang terlewat. Bisa mulai dari depan dan bisa mulai dari belakang. Gerakannya melingkar dari atas ke bawah.
  3. Jangan lupa gosok permukaan lidah untuk membersihkan kuman serta mencegah bau mulut.
  4. Kumur-kumur menggunakan air bersih sampai sisa pasta gigi habis dan bersih.

Semoga dengan adanya langkah-langkah di atas bisa meningkatkan perhatian kita akan kebersihan gigi dan mulut dan menemukan manfaat dari penyuluhan kesehatan gigi dan mulut.

Penyuluhan Tentang Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut | carantrik | 4.5