penyuluhan kesehatan gigi dan mulut pada anak

Tujuan Penyuluhan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak

Cara N Trik –  Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut pada anak memang sangat penting untuk dilakukan karena memang anak – anak memiliki resiko giginya mengalami kerusakan lebih besar karena sering kali menkonsumsi makanan dan minuman yang manis sehingga dapat menyebabkan kesehatan gigi menjadi berkurang seperti gigi keropos, gigi berlubang dan yang lainnya. Pada dasarnya program penyuluhan tersebut memiliki tujuan agar kesehatan dari gigi anak – anak menjadi terjaga. Penyuluhan tersebut juga merupakan usaha yang sudah direncanakan untuk bisa menciptakan sebuah suasana agar nantinya anak – anak tersebut menrubah perilaku lama yang mana kurang menguntungkan untuk kesehatan dari gigi menjadi lebih menguntungkan untuk kesehatan gigi dari anak itu sendiri. Selain itu tujuan dari adanya penyuluhan tersebut juga untuk melatih anak – anak agar nantinya bisa menjaga kebersihan mulut dan gigi sendiri. Biasanya penyuluhan tersebut sudah mulai dilakukan saat anak – anak masuk sekolah dasar, dan penyuluhan tersebut juga rutin untuk diadakan baik itu dari pihak sekolah ataupun dari pihak kesehatan itu sendiri. Pada dasarnya penyuluhan ini sendiri nantinya akan membahas mengenai apa saja penyebab dari masalah mulut dan gigi, kemudian juga bagaimana cara penanganannya serta cara untuk menjaga kesehatan gigi itu sendiri. Dan berikut ini adalah beberapa penjelasannya.

penyuluhan kesehatan gigi dan mulut pada anak

Penyebab Masalah Mulut Dan Gigi

Untuk hal pertama adalah penyebab dari masalah mulut dan juga gigi pada anak itu sendiri, gigi dan juga mulut memang menjadi asset yang sangat penting tetapi kesehatan dari gigi dan juga mulut memang sering terganggu sehingga nantinya akan menimbulkan rasa sakit serta mengganggu estetika penampilan dari seseorang itu sendiri. Dan berikut ini adalah beberapa penyebab dari masalah mulut dan juga gigi:

1.     Yang pertama adalah karena menkonsumsi makanan dan minuman yang manis – manis seperti permen, cokelat dan juga yang lainnya. Hal ini merupakan penyebab utama karena memang anak – anak suka sekali dengan makanan dan minuman yang manis sehingga akan sulit untuk dikontrol, selain itu nantinya juga jarang untuk membersihkan mulut dan giginya sehingga akan terganggu kesehatannya.

2.     Kemudian yang kedua adalah sariawan, sariwan ini juga bisa dibilang cukup sering terjadi pada anak – anak karena adanya peradangan yang terjadi di jaringan murkosa mulut dan banyak juga faktor penyebab dari sariawan itu sendiri sepeti karena tidak sengaja tergigit, kemudian kurangnya asupan vitamin C, kebersihan mulut dan gigi yang mana kurang terjaga serta masih banyak lagi yang lainnya.

3.     Selain itu bisa juga terjadi karena bau mulut yang mana anak – anak setelah menkonsumsi makanan, nantinya tidak menggosok gigi sehingga menimbulkan mulut menjadi kering dan gigi juga akan bermasalah

Cara Penanganan Masalah Mulut Dan Gigi

Untuk cara penanganannya sendiri juga bisa dibilang cukup sederhana karena anak – anak bisa diajarkan untuk menggosok gigi secara teratur minimal 2 kali sehari. Kemudian ajarkan juga pada anak – anak jika setelah makan dan minum untuk menggosok gigi, kemudian juga periksakan gigi anak Anda ke dokter 6 bulan sekali agar nantinya kesehatannya terjaga dengan baik. Hal tersebut bisa dibilang sangat efektif untuk menjaga kesehatan mulut dan juga gigi dari anak karena memang hal tersebut sangat penting dan dapat mencegah timbulnya masalah pada kesehatan mulut dan juga gigi pada anak itu sendiri.

Mencegah Masalah Mulut Dan Gigi

Mengajarkan pada anak mengenai bagaimana cara mencegah masalah kesehatan mulut dan juga gigi, merupakan salah satu cara mencegah timbulnya masalah tersebut, dan berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah adanya masalah pada kesehatan mulut dan juga gigi pada anak:

1.     Yang pertama adalah mengajarkan untuk menyikat gigi secara benar paling tidak 2 kali dalam satu hari setelah sarapan dan juga sebelum tidur, dan pastikan jika sikat gigi anak tersebut bersih. Selain itu usahakan juga jika setelah anak makan dan minum yang manis – manis, maka ajarkan untuk menggosok gigi.

2.     Kemudian yang kedua adalah sebaiknya ajari anak untuk mengganti sikat gigi 3 sampai dengan 4 bulan sekali, dan pilihkan sikat gigi yang memiliki bulu lembut dan kepala sikat yang mana bisa menjangkau semua bagian dari gigi.

3.     Lalu menggunakan pasta gigi yang mana mengandung fluoride dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jadi pada dasarnya beberapa hal tersebut yang menjadi tujuan dari diadakannya penyuluhan gigi dan mulut pada anak.

terkait dengan :

  • penyuluhan kesehatan gigi dan mulut
  • penyuluhan kesehatan gigi dan mulut pada anak
  • materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut di sekolah dasar
penyuluhan kesehatan gigi dan mulut pada anak | carantrik | 4.5