materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut

Penyampaian Materi Penyuluhan Kesehatan Gigi Dan Mulut

Cara N Trik –  Seringkali kita mengikuti sebuah seminar yang menyampaikan materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut. Dalam seminar tersebut biasanya materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut yang disampaikan adalah mengenai bagaimana menjaga kebersihan gigi dan juga mulut dan juga cara membersihkan gigi dan mulut yang benar. Dalam pemberian materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut biasanya panitia penyelenggara mempersiapkan berbagai alat seperti LCD, proyektor, dan lain sebagainya untuk kelangsungan seminar penyampaian materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut.

gigi dan mulut

Apa saja yang dibahas dalam materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut?

Dalam seminar materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut penyelenggara akan menjelaskan mengenai pengertian dari kesehatan gigi dan juga mulut. Pendidikan tentang kesehatan gigi dan juga mulut adalah sebuah upaya agar kesehatan gigi dan juga mulut bisa meningkat dengan baik. Menjaga kesehatan gigi dan juga mulut sangat penting bagi manusia, agar kesehatan gigi dan juga mulut bisa dicapai dengan maksimal, maka memerlukan perawatan gigi dan juga mulut dengan berkala. dalam materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut ini akan dijelaskan untuk merawat kesehatan gigi dan juga mulut sebaiknya mengurangi makanan yang mempunyai banyak kandungan gula dan juga lengket. Ketika membersihkan sisa-sisa makanan dan juga plak di gigi harus benar juga caranya, karena apabila dibersihkan dengan cara yang salah akan merusak susunan gigi dan juga gusi.

Baca Juga  :  penyuluhan kesehatan gigi dan mulut pada anak

Membahas fungsi dari gigi dan manfaat gosok gigi dalam materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut

Gigi manusia mempunyai beberapa macam gigi berdasarkan fungsinya masing-masing. Biasanya dalam seminar materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut akan dibahas mengenai macam-macam gigi dan juga fungsi-fungsinya masing-masing. Adapun macam dan juga fungsi dari gigi manusia adalah sebagai berikut:

  • Incisivus (gigi seri)

Gigi seri terletak di depan dan mempunyai fungsi untuk mastikasi atau memotong-motong makanan. Gigi seri mempunyai jumlah sebanyak 8 buah yang terletak di bagian rahang atas sebanyak 4 buah, di rahang bagian bawah juga sebanyak 4 buah. Gigi seri yang masih berupa gigi susu biasanya mulai tumbuh ketika bayi berumur 4 sampai 6 bulan, lalu baru gigi susu tersebut diganti dengan gigi seri yang sudah permanen ketika berumur 5 sampai 6 tahun di rahang bagian bawah, dan ketika berumur 7 sampai 8 tahun di rahang bagian atas.

  • Caninus (gigi taring)

Gigi taring letaknya di bagian sudut, atau lebih tepatnya berada di sebelahnya gigi seri, dan gigi taring ini adalah gigi yang ukurannya paling panjang di mulut. Gigi taring mempunyai fungsi mengkoyakkan makanan. Gigi taring mempunyai jumlah sebanyak 4 buah yang berada di rahang bagian atas sebanyak 2 buah sebelah kanan dan juga kiri dan di rahang bagian bawah sebanyak 2 buah sebelah kanan dan juga kiri. Gigi taring yang masih berupa gigi susu akan diganti dengan gigi permanen ketika berumur 11 sampai 13 tahun.

  • Premolar (gigi geraham kecil)

Gigi premolar atau geraham kecil mempunyai jumlah sebanyak 8 buah. 2 buah kanan kiri di bagian rahang atas dan juga rahang bawah. Gigi geraham kecil ini hanya ada di orang dewasa, dan terletak di belakang gigi taring.

  • Molar (gigi geraham)

Sama seperti gigi geraham kecil, geraham susu juga mempunyai jumlah sebanyak 8 buah, dan ada di belakang gigi geraham kecil. Gigi geraham permanen ini mempunyai jumlah sebanyak 12 buah.

Setelah menjelaskan macam dan juga jenis gigi biasanya dalam materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut juga dijelaskan menggosok gigi secara teratur akan mendapatkan manfaat apa saja? Di bawah ini adalah beberapa manfaatnya:

  • Agar gigi dan mulut tetap terjaga kesehatannya
  • Menambah rasa kepercayaan diri kita, karena dengan menggosok gigi secara teratur, gigi akan bersih dan putih, serta bernafas segar
  • Agar tidak terkena penyakit mulut dan gigi
  • Agar gigi bisa berfungsi secara maksimal
  • Agar gigi tidak berlubang dan mengalami pembusukan gigi

Demikian adalah materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut yang akan dibahas dalam seminar penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut supaya masyarakat luas mengerti bagaimana pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

terkait dengan :

  • penyuluhan kesehatan gigi
  • materi penyuluhan kesehatan gigi
materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut | carantrik | 4.5