6 Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil

Cara N Trik –   Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil – Buah mangga merupakan salah satu buah tropis yang banyak digemari oleh setiap orang dikarenakan buahnya yang segar dan enak. Ada banyak sekali aneka ragam jenis buah mangga yang memiliki cita rasa serta keharuman yang berbeda-beda. Selain enak dimakan, buah ini juga banyak mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Salah satu manfaat yang sangat penting yang dimiliki oleh buah mangga adalah sebagai sumber nutrisi yang baik bagi ibu hamil. Adapun kandungan nutrisi yang dikandung oleh buah mangga bisa anda lihat dibawah ini (kandungan per 100 gram penyajian, sesuai jumlah yang disarankan untuk ibu hamil per hari):

  • Vitamin A 1584 IU 3300 IU
  • Vitamin B6 0,228 mg 1,9 mg
  • Vitamin C 57,6 mg 85 mg
  • Kalori 60 Kkal 300 – 350 Kkal (500 untuk bulan ke 6 hingga 9)
  • Protein 1,07 gram 75 gram
  • Magnesium 19 mg 350 – 400 mg
  • Tembaga 0,228mg 1 mg
  • Serat 3,8 mg 25 gram

Sesuai dengan kandungan tersebut, dapat dilihat bahwa buah mangga memiliki nutrisi yang sangat lengkap. Mangga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalori dan berbagai jenis mineral. Semua kandungan nutrisi tersebut sangat bermanfaat dan membawa dampak yang sangat baik untuk ibu hamil dan janin. Untuk penjelasan lebih lengkapnya mengenai manfaat buah mangga untuk ibu hamil, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil

Banyak orang yang salah kaprah mengenai buah yang satu ini, sebagian besar orang mengatakan mengkonsumsi buah pada saat hamil bisa menyebabkan keguguran. Hal ini perlu diluruskan, karena jika melihat kandungan nutrisi yang dimiliki oleh buah ini, tentunya buah mangga sangat bermanfaat dan boleh dibilang sangat penting untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil, akan tetapi tetap dalam batas kewajaran.

Untuk lebih mengetahui lagi apa saja manfaat buah mangga untuk ibu hamil jika mengkonsumsi buah mangga, anda bisa melihat ulasan dari manfaatbuahku.com berikut ini:

1. Menambah Energi

Buah mangga memiliki rasa yang manis, rasa manis tersebut diperoleh dari banyaknya kandungan gula yang dimilikinya. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah mangga sangat dianjurkan untuk memberikan asupan nutrisi kepada janin dan memberikan energi kepada ibu hamil agar tidak mudah lelah dan terlihat lemas. Namun, kadar konsumsi buah ini harus tetap dalam batas kewajaran karena jika berlebih malah bisa membuat anda terkena penyakit gula darah.

2. Memenuhi Asupan Gizi Bagi Janin

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, buah mangga memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak. Buah ini mengandung berbagai vitamin dan mineral diantaranya, vitamin A, vitamin B, vitamin C, magnesium, serat, tembaga, dan protein. Jadi, dengan mengkonsumsi buah ini diharapkan wanita yang sedang mengalami masa hamil bisa memberikan asupan gizi yang baik dan berkualitas untuk janin yang dikandung.

3. Menyeimbangkan cairan tubuh

Buah mangga memiliki kandungan potassium dan kalium yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Volume cairan dalam tubuh ibu hamil harus selalu seimbang, jika volume cairan dalam tubuh ibu hamil berlebih maka dampak buruk yang bisa dialami adalah terjadinya pembengkakan pada kaki. Kondisi tersebut pastinya bisa membahayakan ibu hamil karena membuat ibu hamil sulit berjalan.

4. Sebagai Antioksidan

Pada masa kehamilan, kulit ibu hamil akan terlihat tampak lebih kusam. Hal tersebut dikarenakan kurangnya nutrisi serta vitamin yang diserap oleh tubuh. Nah, dengan mengkonsumsi buah mangga ibu hamil tetap akan terjaga kecantikan kulitnya dikarenakan buah mangga bermanfaat sebagai antioksidan seperti halnya dengan manfaat buah lemon atau sawo kecik.

5. Memperlancar Pencernaan

Masalah pencernaan juga harus diperhatikan selama masa kehamilan. Pencernaan adalah salah satu hal yang memperngaruhi kesehatan ibu hamil dan janin. Jika pencernaan tidak lancar, maka kotoran yang harusnya terbuang bertumpuk dalam tubuh dan bisa berubah menjadi racun yang bisa membahayakan janin. Dengan mengkonsumsi mangga, pencernaan ibu hamil bisa lancar dikarenakan kandungan serat yang dimiliki oleh buah mangga.

6. Meningkatkan fungsi penglihatan

Seperti yang kita ketahui vitamin A sangat berperan penting untuk memlihara kesehatan mata. Nah, kandungan vitamin A yang cukup banyak dalam buah mangga bisa membantu perkembangan organ penglihatan janin yang dikandung dengan baik.

Baca Juga :  6 Manfaat Buah Sirsak Untuk Ibu Hamil

Demikianlah beberapa manfaat buah mangga untuk ibu hamil, semoga informasi ini bermanfaat dan memberi pengetahun kepada anda akan pentingnya buah mangga untuk memberikan asupan nutrisi untuk janin dan memberikan manfaat pula bagi ibu hamil selama masa kehamilan. Cara pemanfaatannya cukup mudah, bisa anda makan secara langsung ataupun dijadikan juice maupun smoothies sebagai variasinya.

terkait dengan :

  • content
6 Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil | carantrik | 4.5