Manfaat Buah Kesemek Untuk Kesehatan Tubuh

Cara N Trik – Buah kesemek adalah buah dengan nama oriental persimmon dan juga Shi. Buah kesemek memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak, jika dilihat buah ini mirip dengan apel namun dibagian luar di tempeli serbuk putih.

Buah kesemek jika matang akan memiliki warna antara jingga dan kekuningan hingga kemerahan. Buah ini dapat dimakan secara langsung dalam keadaan segar setelah diolesi dengan air kapur, lalu di peram agar rasa sepat yang terdapat pada buah ini hilang. Buah ini ternyata juga dapat dikeringkan atau diolah menjadi selai, eskrim, agar-agar dan banyak olahan lainnya.

Berbicara mengenai manfaat buah ini, tidaklah kalah dengan buah apel. Karena kandungan zat serat dari buah kesemek adalah dua kali lebih banyak dibandingkan dengan buah apel. Hasil riset menunjukkan kalau buah kesemek mengandung senyawa antioksidan, selain dapat mencegah kanker juga dapat menghambat proses penuaan dini.

Apa sajakah kandungan nutrisi di dalam buah kesemek segar:

  • Protein 0,7%
  • Karbohidrat 19.6%
  • Vitamin A
  • Fruktosa dan glukosa
  • Kalium

Ketika mengkonsumsi 1 buah kesemek setiap harinya, akan terbukti dapat mencegah pengerasan pembuluh darah. Kesemek mampu menjaga tekanan darah supaya melewati ambang batas normal. Sehingga terpeliharanya kelenturan pembuluh darah dan stabilnya tekanan darah, jadi secara tiak langsung kesehatan juga akan terpelihara.

Di bawah ini akan dijelaskan manfaat buah kesemek untuk kesehatan tubuh, apa sajakah manfaatnya:

  1. Buah kesemek adalah buah yang memiliki kandungan zinc yang sangat tinggi, sehingga sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan seperti hilang ingatan, flu, osteoporosis, batuk, menjaga kesehatan tulang dan gigi serta gangguan penglihatan. Disamping itu, buah kesemek juga mampu dijadikan untuk merawat kecantikan, seperti halnya mencegah dan menghilangkan jerawat, mencegah penuaan dini, menghaluskan kulit, dan masalah kulit lainnya.
  2. Kandungan yang terdapat pada buah kesemek salah satunya adalah prydoxin, prydoxin dapat bermanfaat untuk menurunkan edema atau retensi air yang bisa mengakibatkan pembengkakan pada bagian anggota tubuh, seperti kaki dan tangan yang biasanya terjadi oleh ibu hamil. Kasiat lain dari kandungan ini adalah mampu mengatasi kerontokan pada rambut dan menyburkan rambut serta kesehatan rambut.
  3. Buah kesemek adalah buah yang memiliki kandungan serat yang bisa bermanfaat dalam menjaga berat badan tubuh agar tetap ideal, kandungan serat yang terdapat dalam buah ini membantu melancarkan pencernaan sehingga lemak-lemak dalam usus dapat terurai, dan juga terdorong keluar melalui kotoran.
  4. Buah kesemek memiliki kandungan kaolin yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga mampu mencegah resiko stroke dan penyakit jantung.
  5. Dengan mengkonsumsi buah kesemek sehabis sembuh dari sakit bisa membantu memulihkan stamina, itu dikarenakan kandungan vitamin C yang cukup tinggi, yang mampu mengembalikan stamina tubuh secara cepat.
  6. Kandungan lain yang ada dibuah ini adalah kolin yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan otak, sehingga bisa mencegah penyakit Alzeimer. Mengkonsumsi buah kesemek juga bisa menjaga fungsi memori otak dan menjaga kesadaran.
  7. Kandungan riboflavin yang terdapat dalam buah kesemek berkasiat dalam meningkatkan metabolism tubuh untuk menambah energy, selain itu juga mampu membentul sel darah merah, menjaga fungsi saraf, dan mampu mencegah oenyakit Alzeimer, epilepsy dan multiple sclerosis.

Manfaat buah kesemek untuk kesehatan tubuh lainnya adalah bisa dijadikan obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit, seperti:

  1. Penyakit Hipertensi, caranya dapat dengan membuah jus buah kesemek dan menambahkan air hangat. Minum sekali sehari
  2. Penyakit Diare dan disentri, cara yang dapat dilakukan adalah dengan memotong buah kesemek menjadi dua potong kemudian dikeringkan. Rebus hingga menjadi bubur dengan campuran beras ketan serta irisan jeruk sebanyak dua potong. Setelah semuanya tercampur rata, angkat lalu siapkan untuk dikonsumsi dua sampai tiga kali sehari.
  3. Sakit perut, kupas buah kesemek segar, lalu makan saja. Dengan mengkonsumsi buah kesemek segar dapat meredakan sakit perut berupa nyeri.
  4. Penyakit Asma dan batuk berdahak, Ambil dua potong buah kesemek kering, kukus hingga matang. Setelah itu haluskan dan tambahkan satu atau sampai dua sendok madu.

Itulah sedikit informasi tentang manfaat buah kesemek untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat bagi anda.

Baca Juga :

Manfaat Buah Kesemek Untuk Kesehatan Tubuh | carantrik | 4.5