10 Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Ibu Hamil

Cara N Trik –  Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Ibu Hamil – Buah jambu biji tidak asing di telinga masyarakat Indonesia karena mudah ditemui di mana-mana. Dan perlu diketahui bahwa buah jambu biji memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Khususnya bagi ibu hamil yang membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk menjaga tubuh dan bayi dalam kandungannya. Oleh sebab itu buah jambu biji sangat baik dikonsumsi dan dipilih oleh ibu hamil karena memiliki kandungan yang sangat baik, dalam setiap 100 gram buah jambu biji mengandung Vitamin A sekitar 25 SI, vitamin B1 0,02 mg, vitamin C 87 mg, kalsium 14 mg, kalori 49 kal, protein 0,9 mg, lemak 0,3 gr, air 86 gram, fosfor 28 gram, zat besi 1,1 mg, hidat arang 12,2 gr. Dengan kandungan tersebut maka sangat baik dikonsumsi oleh tubuh.

Yang perlu anda ketahui lagi mengenaii jambu biji adalah kandungan askorbat dan asam folat yang ada di dalamnya. Nutrisi lain yang terdapat dalam buah jambu biji adalah asam folat dan vitamin B-9 yang sangat baik untuk system peredaran darah. Kemudian asupan asam folat dapar membantu bayi Anda dari gangguan saraf, penyakit jantung dan pengembangan system saraf.

Baca Juga: Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil

Selain itu buah jambu biji juga mengandung lycopene, lycopene adalah semacam pigmen yang membuat buah jambu biji memiliki warna hijau yang khas. Lycopene dapat mengurangi pertumbuhan kanker di dalam dan sekitar mulut Anda.

 

Apa saja Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Ibu Hamil ?

  1. Di dalam buah jambu biji terdapat kandungan pectin yang bermanfaat untuk menurunkan koleterol yang meningkat, itu adalah hal yang sering dialami oleh ibu hamil. Mengkonsumsi buah jambu biji dapat mengikat kolesterol dan asam empedu dalam tubuh dan membuangnya. Buah jambu biji dapat dikonsumsi atau dijadikan jus untuk diminum setiap hari.
  2. Buah jambu biji memiliki kandungan kalium dimana kandungan kalium ini berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi yang dibiarkan akan membuat seseorang mengalami kelumpuhan atau stroke. Pada ibu hamil tekanan darah tinggi dapat mengganggu kehamilan si ibu yang menyebabkan cacat bayi pada lahir bahkan kematian.
  3. Selain kandungan di atas buah jambu biji memiliki kandungan tannin yang sangat bermanfaat untuk menjaga salurah pencernaan pada manusia, menangkal serangan virus yang dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh ibu hamil dan melancarkan sirkulasi darah.
  4. Berat badan ibu hamil haruslah dikontrol, karena jika kegemukan akan menggangu sang ibu ketika melahirkan nanti. Buah jambu biji dapat juga mencegah kegemukan ibu hamil sehingga mengkonsumsi buah jambu biji dapat membantu menjaga berat badan ibu hamil.
  5. Yang perlu diketahui bahwa di dalam buah jambu biji juga terdapat kandungan likopen, likopen adalah kandungan kareteniod yang merupakan pigmen penting dalam tumbuhan, fungsinya adalah sebagai antioksidan yang sangat kuat. Kandungan likopen dangat berguna dalam mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, oleh sebab itu sangat dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil.
  6. Buah biji sangat berguna untuk menjaga kekebalan tubuh, oleh sebab itu mengkonsumsu buah jambu biji dapat menjaga tubuh dari serangan penyakit.
  7. Banyak yang sudah tahu tentang kasiat yang satu inim yaitu sebagai penyembuhan demam berdarah.
  8. Menurut penelitian diungkapkan dengan mengkonsumsi buah jambu biji sebanyak 500 gram setiap hari selama 4 minggu dapat mencegak resiko terkena serangan jantung.
  9. Mengkonsumsi buah jambu biji secara rutin dapat meningkatkan stamina tubuh dan mencegah rasa lelah.
  10. Di dalam buah jambu biji terdapat zat besi yang berguna untuk mencegah anemia.

Itulah beberapa manfaat buah jambu biji untuk ibu hamil, sebetulnya kita sering mengkonsumsi buah jambu biji baik dimanakan secara langsung maupun dibuat dalam jus. Namun kita tidak pernah mengetahu kandungan-kandungan yang terdapat dalam buah jambu biji, apalagi khasiat yang terdapat dalam buah jambu biji. Setalah membaca artikel ini pasti Anda sudah mulai mengetahui manfaat buah jambu biji bagi kesehatan Anda, semoga bermanfaat dan selamat mencoba mengkonsumsinya.

10 Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Ibu Hamil | carantrik | 4.5