makalah kesehatan gigi dan mulut

Cara N Trik –  MAKALAH KESEHATAN GIGI DAN MULUT SANGAT BERMANFAAT

Makalah kesehatan gigi dan mulut sangat berguna bagi siapa saja yang membacanya. Sangat mudah membacanya karena tidak perlu membaca buku kesehatan yang tebal. Berikut adalah contoh makalah kesehatan gigi dan mulut yang berisi tentang betapa mudahnya menjaga kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi, penyakit-penyakit gusi, dan cara mengatasi sakit karena gigi berlubang secara alami. Pengetahuan ini tentu saja akan sangat berguna bagi kita semua.

makalah kesehatan gigi dan mulut

Langkah-langkah merawat gigi dan mulut yang mudah:

·         Sikat gigi minimal dua kali sehari setelah makan pagi dan malam sebelum tidur. Gigi Anda harus bersih sebelum digunakan

·         Ganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali. Jangan menunggu hingga sikat gigi Anda melar. Pilihlah sikat gigi yang memiliki bulu lembut dan kepalanya yang bisa menjangkau semua bagian dari gigi.

·         Sering-seringlah membersihkan lidah Anda. Karena lidah sangat sensitif dan hampir setiap waktu terpapar segala macam makanan.

·         Gunakan pasta gigi yang mengandung Fluoride.

·         Biasakan setelah menggosok gigi menyemprnakannya dengan berkumur memakai cairan antiseptic.

·         Hilangkan plak yang tidak bisa dicapai sikat gigi dan obat kumur dengan benang gigi sekali sehari.

·         Hindari makanan yang banyak mengandung gula.

·         Konsumsi permen karet tanpa pemanis untuk meningkatkan aliran air liur yang bisa membersihkan sisa makanan dan asam penyebab kerusakan gigi.

·         Konsumsi buah-buahan segar karena buah-buahan mengandung serat yang dapat membantu menghilangkan kotoran yang terdapat pada gigi.

·         Minum air putih setelah makan

·         Konsumsi makanan seimbang dan kaya akan kalsium seperti telur, ikan teri, daun katuk, agar-agar, susu, sawi, bayam, dan keju.

·         Hindari stress

·         Konsumsi Vitamin C untuk daya tahan tubuh

·         Konsumsi makanan bergizi

·         Rajin-rajinlah berkonsultasi dengan dokter gigi Anda.

Dua jenis utama penyakit gusi:

1.     Gingivitis

Ini adalah ketika gusi Anda terganggu karena plak, yaitu campuran makanan, bakteri, dan limbah-limbah bakteri yang terbentuk dalam gigi Anda. Gusi Anda memerah, mengkilap, dan bengkak. Maka dari itu bersihkanlah plak dari gigi Anda secara teratur jika tidak ingin menderita Gingivitis. Bila Gingivitis terus dibiarkan, maka akan terjadi Periodontitis.

2.     Periodontitis

Ini adalah keadaan dimana Anda membiarkan Gingivitis tidak ditangani dan diobati dengan benar. Gusi Anda akan menarik diri dari gigi Anda dan meninggalkan kantong kecil di sekitar gigi Anda. Kantong kecil ini adalah kantong dari plak. Lama kelamaan plak akan mengeras yang akan menyebabkan iritasi, dan gusi akan menipis dan menganggu akar. Maka bila dibiarkan terus, gigi akan copot.

Cara mengatasi gigi berlubang secara alami:

1.     Memakai Jeruk Nipis

Teteskan air jeruk nipis sedikit demi sedikit ke dalam gigi yang berlubang setiap sepuluh menit. Vitamin C yang terdapat di dalam jeruk nipis akan membantu meredakan rasa sakit.

2.     Gunakan Garam

Yodium yang terkandung di dalam garam akan membantu meringankan rasa ngilu dan sakit karena gigi berlubang. Larutkan garam dalam segelas air hangat lalu aduk perlahan. Lalu kumur-kumurlah menggunakan air garam tersebut.

3.     Cengkeh

Cengkeh mengandung anti inflamasi, anti oksidan, anti bakteri dan bersifat anestesi. Gunakan minyak cengkeh yang bisa dibeli apotik dan toko obat sekitar rumah Anda, semprotkan kepada kapas, lalu tempelkan kepada gigi berlubang yang sakit. Anda juga bisa mencampurkan beberapa tetes minyak cengkeh kedalam air hangat lalu berkumur-kumurlah.

4.     Bawang Merah dan Bawang Putih

·         Bawang Merah yang bersifat antiseptik dan anti mikroba sangat bagus untuk menatasi sakit gigi berlubang. Ambillah satu suing bawang merah mentah lalu kunyah beberapa menit sampai sakitnya menghilang. Bila Anda tidak bisa mengunyahnya, maka Anda bisa menggosokannya kepada gigi yang sakit tersebut. Bakteri penyebab infeksi akan terbunuh.

·         Bawang Putih memiliki sifat antibiotik yang sangat efektif dalam mengurangi rasa sakit karena gigi berlubang. Tumbuk sati suing bawang putih sampai halus lalu tambahkan sedikit garam. Oleskan langsung kepada gigi yang sakit. Ulangi seperti ini hingga beberapa hari.

5.     Biji Asam Jawa

Sangrai biji asam jawa, lalu haluskan hingga sangat halus. Oleskan langsung kepada gigi yang sakit tersebut.

6.     Lada

Buatlah pasta yang terbuat dari lada dan garam. Komposisi lada dan garam harus sama. Oleskan langsung kepada gigi yang sakit karena berlubang. Ulangi terus hingga sakitnya hilang.

Sangatlah penting bagi kita untuk memiliki pengetahuan dasar tentang cara-cara mengatasi gigi berlubang secara alami, penyakit-penyakit gusi, dan langkah-langkah dalam merawat kesehatan gigi dan mulut yang sangat mudah. Gigi dan mulut kita dan keluarga akan terawat dengan baik. Maka dari itu, simpanlah contoh makalah kesehatan gigi dan mulut ini dengan baik.

terkait dengan :

  • makalah kesehatan gigi dan mulut
makalah kesehatan gigi dan mulut | carantrik | 4.5