Inilah 9 Manfaat Sayur Bayam Untuk Kesehatan

ManfaatBayam – Anda tahu bayam kan? Itu lho sayuran hijau yang biasa menjadi andalan dalam film kartun Popeye, saat dia memakan bayam maka akan menjadi manusia super kuat. Ya, itulah gambaran yang tepat untuk sayuran hijau yang satu ini, selain mudah didapat, rasanya enak, bayam juga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kita.

Sayur bayam yang konon berasal dari Amerika Tropik ini memiliki nama latin Amaranthus. Akan tetapi seiring perkembangan jaman, sayuran ini sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Bayam dikenal sebagai sayuran yang kaya akan zat besi dan kandungan yang lainya. Dibawah ini adalah kandungan gizi dari Bayam.
·     

Inilah 9 Manfaat Sayur Bayam Untuk Kesehatan









             Energi  : 36  kal

·         Protein : 3,5 g
·         Vitamin A : 6.090 IU
·         Vitamin B1 : 0,08mg
·         Serat   : 0,8g
·         Kalsium : 267mg
·         Lemak   : 0,5 g
·         Karbohidrat :6,5  g
·         Vitamin C : 80mg
·         Air : 86,9g
·         Fosfor : 67mg
·         Besi   : 3,9mg



Inilah9 Manfaat Sayur Bayam Untuk Kesehatan

1.     Mencegah Anemia
Bayam merupakan sumber zat besi yang dibutuhkan untuk mencegah anemia. Kandungan Zat besi yang ada pada bayam dapat membantu meregenerasi atau memperbanyak sel darah merah, yang mana membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh.

2.       Menambah kwalitas penglihatan
Manfaat bayam untuk penglihatan. Bayam adalah sumber lutein, karotenoid yang biasadi kenal dapatmenolong melindungi mata pada katarak. Bayam juga kaya vitamin A, yang membuatnya sangatlah berguna untuk pandangan.

3.       Menyembuhkan Pendarahan Gusi
Campuran bayam serta juice wortel sangatlah menolong dalam menyembuhkan gusi berdarah yang dikarenakan  kekurangan vitamin C serta konsumsi terlalu banyak gula halus.

4.       Melawan Sel Kanker
Vitamin A, vitamin C, serat,  asam folat serta 13 flavonoid dalam bayam sangatlah berguna dalam melawan sel kanker. Sebuah penelitian membuktikan, kandungan itu pada bayam  dapat menurunkan resiko kanker hingga 34 persen khususnya pada kanker rahim, kanker payudara, kanker kulit, kanker prostat, serta kanker perut.

5.       Sumber Anti-inflamasi
Bayam memiliki kandungan yang bersifat alkalinitas yang tinggi hingga membuat sayur ini menjadi pilihan yang prima untuk penderita penyakit inflamasi, misalnya saja rheumatoid arthritis dan juga osteoarthritis.

6.       Mencegah Osteoporosis
Secangkir daun bayam segar bisamemenuhi 200% kebutukan dalam satu hari. vitamin K sangat perlu untuk pencegahan keropos tulang. Tidak hanya itu, mineral yang lain seperti magnesium, seng, tembaga serta fosfor dalam bayam juga menolong penguatan tulang.

7.       Mencegah Diabetes
Bayam sangatlah bermanfaat untuk orang yang menderita diabetes juga. Magnesium yangditemukan pada bayam dapatmenolong untuk mencegah komplikasi yang terjadi sesudah diabetes. Mengonsumsi bayam secara teratur bisamenolong menstabilkan gula darah serta terhindar dari berfluktuasi terlalu banyak.

8.       Kurangi resiko penyakit kardiovaskular
Bayam adalah sumber folat yang baik, yang dapat kurangi kadar homosistein, yaitu asam amino yang ditemukan dalam darah. Tingginya kadar homosistein yang ada dalam darah membuat tingginya resiko penyakit jantung. Bayam juga memiliki kandungan zat choline serta inositol, yang menolong mencegah pengerasan pembuluh darah.

9.       Turunkan tekanan darah tinggi
Bayam kaya akan kalium serta rendah sodium. Tingkat mineral yang seimbang sangatlah berguna untuk pasien yang memiliki tekanan darah tinggi. Tidak hanya itu, folat dalam bayam dapat juga menolong turunkan tekanan darah tinggi serta melemaskan pembuluh darah, dengan hal tersebut dapatmenjaga kelancaran aliran darah.

Lumayan banyak kan manfaat dari bayam? Maka dari itu, banyak ahli kesehatan yang menganjurkan untuk mengkonsumsi bayam secara teratur, terlebih pada anak-anak untuk memperlancar proses tumbuh kembangnya.
Inilah 9 Manfaat Sayur Bayam Untuk Kesehatan | carantrik | 4.5