gejala tipes pada anak balita

Gejala Tipes pada Anak Balita

Cara N Trik –  Gejala tipes pada anak balita pada dasarnya hampir sama seperti gejala demam berdarah sehingga orang-orang sulit untuk membedakannya. Gejala tipes pada anak balita terjadi karena adanya infeksi yang ada pada organ usus halus sedangkan gejala demam berdarah diakibatkan oleh nyamuk aedes aegypti. Bakteri penyebab infeksi pada usus halus tersebut adalah salmonella typhosa. Anak-anak bahkan balita memang meiliki resiko terkena tipes sangat besar karena anak-anak dan balita sering kali memasukan sesuatu ke dalam mulutnya dan bisa jadi benda tersebut banyak sekali bakteri. Bakteri salmonella typhosa masuk ke dalam saluran pencernaan manusia dan berkembang biak di dalam sana hingga merusak dinding usus halus. Dan lagi kalau bakteri ini semakin berkembang biak bisa masuk ke saluran pembuluh darah manusia. Akibatnya adalah demam tinggi bagi penderita. Agar lebih jelasnya berikut ini adalah gejala tipes pada anak balita yang pembaca harus mengetahuinya untuk antisipasi.

http://carantrik.com/gejala-tipes-pada-anak-balita/

1.   Demam Tinggi Khususnya Pada Malam Hari

Demam tinggi ini biasanya berlangsung ± 1 minggu. Gejala tipes pada anak balita ini tidak terlihat pada siang hari. Pada siang hari anak anak akan terlihat segar bugar dan pada malam hari demam langsung terlihat hingga sampai 39º – 40ºC.

2.   Mual-mual

Para penderita tipes biasanya akan mengalami mual-mual. Bakteri salmonella typhosa akan berkembang biak sampai masuk ke dalam hati yang mengakibatkan pembengkakkan dan lambung akan tertekan yang mengakibatkan penderita mual. Makanan yang masuk melalui mulut akan keluar lagi dan napsu makan pun hilang. Para penderita tipes akan mengalami penurunan berat badan karena hal tersebut.

3.   Lemas, Lesu, Lunglai

Dari gejala mual mual dan tidak napsu makan, tubuh penderita tipes akan lemas karena tidak ada asupan makanan yang masuk ke tubuh. Mereka akan lebih suka berbaring saja dan tidak melakukan apapun. Namun dalam kondisi yang parah penderita tipes sering tidak sadarkan diri (pingsan).

4.   Diare

Bakteri salmonela typhosa yang merusak saluran pencernaan menyebabkan gangguan pada penyerapan makanan yang akhirnya menimbulkan diare. Pada kasus lain gejala tipes pada anak balitaini bisa menimbulkan sulitnya buang air besar.

Baca Juga  :  gejala tipes pada anak 2 tahun

Pada dasarnya gejala tipes  pada anak balita sangat sulit kita prediksi. Karena anak balita hanya bisa menangis dan rewel. Sulitnya memprediksi gejala ini mengharuskan kita sebagai orang tua untuk memberikan perhatian extra kepada anak balita kita. Untuk pencegahannya penulis akan memberikan tips-tips agar anak balita kita terhindar dari penyakit tipes.

1)     Hindari Jajan Sembarangan

Anak anak atau balita terkadang sangat suka sekali jajan jajanan di pinggir jalan yang tidak sehat. Alangkah lebih baiknya kita sebagai orang tua memprotect anak kita agar menghindari jajanan yang ada di pinggir jalan

2)     Imunisasi Tipes

Imunisasi tipes juga sangat berperan agar anak kita terhindar dari tipes. Lakukan imunisasi tipes ± 5 tahun sekali. Bagi anak anak dianjurkan imunisasi oral jangan sesekali imunisasi anak dibawah 6 tahun dengan suntikan.

3)     Hidup sehat

Olahraga yang teratur 2 – 3 kali dalam seminggu akan meningkatkan metabolisme tubuh agar virus dan bakteri tidak akan masuk ke dalam tubuh kita. Untuk pencegahan perbanyak mengkonsumsi buah buahan dan sayur sayuran. Jangan lupa untuk istirahat yang cukup 6 – 7 jam dalam sehari.

4)     Jaga Kebersihan Makanan

Kebersihan makanan yang ada di rumah salah satu cara agar pencegahan tipes lebih baik. Cuci makanan yang ingin dimasak, cuci buah buahan yang dari pasar, jaga pola makan dan bersihkan peralatan memasak anda.

Kesimpulannya yaitu kesehatan keluarga adalah salah satu aset yang sangat berharga bagi anda dan keluarga. Tubuh seseorang berbeda beda ada yang kuat ada yang lemah. Ada isitlah mengatakan “mencegah lebih baik daripada mengobati” dan “didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat” itu adalah seruan bagi kita untuk terus memprotect diri dan sebagai acuan agar kita terus ingat akan gaya hidup sehat dan bersih. Itulah artikel tentang Gejala Tipes pada Anak Balita.

 

gejala tipes pada anak balita | carantrik | 4.5