gejala penyakit tipes pada anak

GEJALA PENYAKIT TIPES PADA ANAK YANG HARUS DIWASPADAI DARI AWAL

Cara N Trik –  Gejala penyakit tipes pada anak sebaiknya dikenali sejak awal. Penyakit tipes adalah penyakit yang sangat berbahaya, baik bagi orang dewasa maupun bagi anak-anak. Penyakit tipus tidak memandang usia. Bahkan bayi bisa terjangkit penyakit tipus. Penyakit tipus disebabkan oleh bakteri salmonella thypi yang masuk kedalam tubuh lewat minuman dan makanan.

http://carantrik.com/gejala-penyakit-tipes-pada-anak/

Gejala tipes pada anak pada umumnya mirip dengan gejala penyakit demam berdarah. Hal ini seringkali membingungkan para orangtua yang awam. Pemeriksaan oleh dokter bisa membedakan keduanya. Artikel ini akan membantu masyarakat terutama yang awam agar lebih bisa mewaspadai gejala tipes pada anak. Bila kita tidak waspada maka dampaknya akan sangat berbahaya. Penyakit tipus akan menular bila seseorang memakai atau menyentuh barang-barang yang biasanya dipakai untuk makan si penderita dan lupa untuk mencuci tangan dahulu.

Beberapa gejala penyakit tipes pada anak:

1.       Panas

Anak akan mederita sakit kepala dan badan terasa panas tidak normal.

2.       Sakit Perut dan Diare

Pada beberapa kasus, anak akan menderita sakit perut dan diare

3.       Sulit buang air besar

Terdapat pula kasus sulit buang air besar pada gejala tipus

4.       Bau mulut tidak sedap

5.       Fase demam yang naik turun

6.       Mual dan Muntah

7.       Timbul bercak merah pada perut dan dada

8.       Batuk dan radang tenggorokan

9.       Menggigil dan keluar keringat dingin

10.   Nafsu makan hilang dan akan menimbulkan rasa lemas pada badan

11.   Pengurangan berat badan

12.   Sakit kepala yang sangat parah

 

Baca Juga: Cara Mengobati Tipes Secara Alami

Bila si anak mengalami gejala-gejala tersebut diatas, segeralah dibawa ke dokter. Dokter akan memberikan penanganan khusus dan obat-obatan untuk menyembuhkan penyakitnya. Yang paling utama adalah anak harus dirawat, karena penderita tidak diperkenankan untuk terlalu banyak bergerak. Bila sering bergerak, maka virus dan bakteri akan sangat aktif menyerang. Akibatnya, usus akan secara diserang dengan parah. Penyakit tipes harus segera ditangani walaupun gejalanya hanya demam biasa, karena bila dibiarkan akan meingkat ke dalam fase dimana akan terjadi kebocoran usus. Untuk kasus yang lebih parah seperti kebocoran usus ini, kematian bisa saja terjadi. Pengobatan alami untuk tipus adalah istirahat total. Berikut adalah cara pengobatan terhadap penyakit tipus, baik secara medis maupun tradisional.

Pengobatan Penyakit Tipus:

  • Pengobatan Tipus Secara Medis:

Secara medis, pengobatan Tipus adalah dengan menggunakan analgesik dan antibiotik. Jenis antibiotik yang digunakan biasanya jenis Chloramphenikol dan Thiamphenikol. Antibiotik ini biasanya diberikan selama 7-10 hari. Obat antibiotic ini harus dimakan hingga habis walaupun panasnya sudah turun. Bila tidak diminum sampai habis, maka biasanya bakteri tipus yang belum mati akan menyerang kembali.

  • Pengobatan Tipus Secara Tradisional

1.     Penggunaan Cacing Tanah: Caranya dengan merebus 10 ekor cacing tanah yang sudah dibuang isi perutnya, lalu minum air rebusannya. Bila Anda merasa jijik dan geli, bisa juga menggunakan bubuk cacing tanah berupa kapsul. Anda bisa mendapatkannya di toko obat Cina. Mengkonsumsi rebusan cacing secara rutin akan menghasilkan hasil yang signifikan.

2.     Penggunaan Jus Labu: Buatlah jus labu tanpa kulit, lalu minumlah setiap hari.

3.     Makan makanan yang tinggi kadar kalori dan proteinnya, juga makan makanan berserat tinggi

4.     Istirahat total

Cara Pencegahan Penyakit Tipus:

1.     Menggunakan vaksin tipus yang bisa disuntikan maupun dikonsumsi secara oral.

2.     Makan makanan yang beserat tinggi

3.     Cuci tangan sebelum makan

4.     Jaga makanan dari segala kotoran

5.     Minta anak untuk tidak jajan di pinggir jalan

6.     Jangan memakan ayam yang tidak dimasak dengan matang

7.     Olah raga secara teratur

8.     Jangan beraktifitas yang berlebihan karena stamina akan turun yang akan mennyebabkan berbagai kiman dan bakteri masuk kedalam pertahanan kekebalan tubuh

Demikian hal-hal yang perlu diwaspadai mengenai penyakit tipus pada anak. Pengetahuan tentang cara pencegahan dan penanganan penyakit tipus pada anak tidak kalah pentingnya dari mengetahui gejala-gejalanya saja dan tentu saja wajib diketahui oleh para orangtua. Pastikan Anda bisa mengenali dan paham betul dengan gejala penyakit tipus pada anak agar cepat penanganannya.

gejala penyakit tipes pada anak | carantrik | 4.5