cara menjaga kesehatan gigi dan mulut

7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

Cara N Trik –  Bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan mudah dimanapun dan kapanpun ?. Pernahkan Anda mengalami sakit gigi ? hampir semua orang yang pernah mengalami sakit gigi akan berasumi bahwa mamiliki kesehatan mulut, gusi dan gigi merupakan hal yang istimewa. Mereka yang sedang megalami sakit gigi cenderung mudah marah dan berharap bisa mendapatkan obat gigi yang manjur agar keluhan giginya bisa cepat teratasi. Mengingat pentingnya menjaga gigi agar tidak sakit maka kita juga harus mengerti bagaimana pola-pola agar usaha yang kita lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut benar sesuai yang dianjurkan.

Kebersihan mulut atau biasa disebut Oral Hygiene merupakan cara yang dilakukan untuk mejaga kebersihan rongga mulut, lidah dari berbagai kotoran/ sisa makanan. Kotornya keadaan gigi dan mulut tidak hanya berimas pada bau mulut Anda, kerusakan gigi dan radang gusi, akan tetapi juga dapat menimbulkan penyakit jantung yang diderita seseorang menjadi rawan untuk kambuh lagi. Hal yang sebaiknya Anda biasanya adalah menggosok gigi secara rutin, bila perlu lakukan pengecekan gigi Anda ke dokter untuk lebih memastikan akan kebersihan gigi Anda.

http://carantrik.com/cara-menjaga-kesehatan-gigi-dan-mulut/

Baca Juga  :  Penyuluhan Tentang Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Perawatan Gigi dan Mulut

Pembiasaan merawat gigi dan mulut haruslah dimulai sejak dini. Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk merawak kesehatan gigi dan mulut.

1.             Sikat gigi setiap hari : usahakan Anda untuk bisa menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara menyikat gigi minimal dua kali sehari. Idealnya Anda biasakan untuk menyikat gigi saat pagi hari, saat setelah makan, dan sebelum tidur. Setelah selesai makan, tunggu hingga 15 menit atau 30 menit untuk menjaga zat gizi masuk dengan  mksimal ke tubuh Anda. Setelah itu bersihkan dengan menyikat gigi secara perlahan dan menyeluruh.

2.             Ganti sikat gigi Anda secara berkala : tidak usah menunggu sikat gigi Anda mekar kemudian menggantinya dengan yang baru. Gantilah siat gigi Anda minimal tiga atau empat bulan sekali. Tujuannya agar Anda bisa memastikan sikat gigi yang Anda gunakan bersih dan tidak tertumpuk banyak bakteri yang dapat mengotori gigi. Pilihlah sikat gigi yang memiliki bulu halus sehingga dapat menjangkau semua bagian gigi dan mulut Anda.

3.             Gunakanlah benang gigi yang berguna untuk mengangkat plak yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Ini dapat bermanfaat lebih karena akan menghilangkan sisa-sisa makanan yang terselip di gigi Anda. Anda bisa melakukannya saat menyika gigi di malam hari dimana Anda saat itu sudah akan tidur dan tidak memakan makanan papapun.

4.             Hindari Teh, Kopi yang berlebihan, mengkonsumsi kopi dan teh memanglah membuat hal yang baik bagi diri sepeti meningkatkan konsentrasi dan rasa nyaman setelah Anda menikmatinya. Akan tetapi bila Anda mengkonsumsinya terlalu banyak juga akan berpengaruh buruk terutama pada kesehatan gigi dan mulut Anda. Di samping itu lambung Anda pun akan mengalami penyesuaian yang kurang baik dengan adanya konsumsi kopi berlebih.

5.             Minumlah air yang netral, netral di sini maksudnya adalah minuman Anda tidak terlalu panas tetapi juga tidak terlalu dingin. Kebanyakan orang akan makan menggunakan makanan yang panas kemudian menyediakan es teh sebagai minumannya. Pola ini kurang bagus, dimana gigi Anda akan mengalami stress karena dua suhu yang berbeda. Hal ini dapat membuat ngilu bagi mereka yang giginya sensitif. Bila diterus-teruskan gigi dapat mengalai kropos dan mudah rusak.

6.             Konsumsilah buah-buahan, buah yang mengadung banyak serat akan sangat bagus bagi kesehatan gigi dan mulut Anda. Kandungan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh juga mebuat Anda semaikin terhindar dari bau mulut akibat makanan cepat saji. Serat berfungsi sebagai pembersih sisa-sisa makanan sekaligus mengusi bakteri dimulut. Pilihlan buah yang banyak mengandung vitamin C seperti jambu biji dan jeruk untuk konsumsi Anda

7.             Mengunakan air lemon, air lemon yang mengandung asam sitrat mamu membua gigi lebih tampaik putih da berkilau. Akan tetapi janga terlalu sering karena dapat mengkikis gigi Anda

Berikut 7 cara menjaga kesehatan gigi dan mulu, mudah bukan ?

cara menjaga kesehatan gigi dan mulut | carantrik | 4.5