7 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Cara N Trik –   Cara mengatasi anak susah makan – Bagi orang tua memiliki buah hati merupakan sebuah karunia yang begitu besar sehingga sudah selayaknya seorang anak mendapat kasih sayang serta perhatian. Salah satu perhatian yang wajib selalu dilakukan oleh orang tua adalah dengan memastikan si anak memiliki pola makan yang teratur.

Dengan keteraturan pola makan maka tumbuh kembang anak akan dapat terjadi secara maksimal. Tetapi letak masalahnya kadang pada anaknya itu sendiri. Mengapa? Lantaran sebagian anak yang kalau disuruh makan susahnya bukan main. Mereka cenderung pilih – pilih makanan, bila sudah tidak suka mereka tidak akan mau makan yang telah dimasak. Tapi tenang berikut ada sejumlah cara untuk menghadapi anak tersebut, seperti ulasan berikut.

Beberapa Cara Mengatasi Anak Susah Makan

1. Buat tampilan makanan lebih menarik
Kadang orang tua melupakan hal ini karena banyaknya kegiatan yang harus dilakukan. Padahal dengan menjadikan tampilan makanan lebih menarik seperti buah yang disajikan dengan dtusuk seperti sate akan jauh lebih menggiurkan daripada potongan buah yang hanya ditarus di atas piring.

2. Ijinkan anakn ambil makanannya sendri
Dengan membiarkannya mengambil makanan yang dia ingin makan maka secara tidak langsung orang tua telah mengajarinya akan arti kata tanggung jawab. Sebuah sikap yang pastinya akan sangat membantunya di usia dewasa nanti.

3. Buatlah opsi lain dalam memasak makanan favorit anak
Misalkan si kecil suka dengan ketang goreng, maka kamu dapat membuat aneka cara mengolah kentang seperti dikukus, dibakar dan lainya. Lama – kelamaan anakmu akan melupakan kentang goreng.

4. Biarkan beberapa saat perutnya tersa lapar
Ketika dia sudah merengek minta makan maka waktu itulah adalah waktu tepat bagimu untuk memintanya makan lebih banyak. Supaya berhasil, jangan beri anakmu cemilan sebelum makan karena hanya dapat mengenyangkannya sebelum makan menu utama muncul.

5. Tidak boleh salahkan diri
Bila sampai anak – anak kamu tidak mau makan maka jangan langsung menyalahkan dirimu sendiri. karena mereka ingin menunjukan apa yang mereka suka dan apa yang tidak.

6. Usahakan selalu sarapan
Sebagai orang tua ajarkan buah hati akan penting nya sarapan. Mengingat anak – anak membutuhkan asupan gizi yang lebih ketika hendak belajar di sekolah.

7. Berkonsultasilah dengan pakarnya.
Bila tubuh anak semakin menyusut karean susah maka bawa segera akan ke dokter untuk mendapatkan perawatan intensif.

Baca Juga :   Atasi Keputihan dengan Diet Sehat Wanita Ini

Itulah sejumlah cara mengatasi anak susah makan. Makan menjadi pendongkrak agar tubuh dapat berkembang secara maksimal. Terlebih bila anak makan tidak secara teratur, pastinya perkembangan fisik mereka akan melamban. Sehingga mereka akan tampak berbeda dari teman yang sebaya dengannya.

7 Cara Mengatasi Anak Susah Makan | carantrik | 4.5