6 Manfaat Buah Sirsak Untuk Ibu Hamil

Cara N Trik –   Manfaat Buah Sirsak Untuk Ibu Hamil – Buah sirsak merupakan salah satu buah-buahan yang sering dikonsumsi oleh sebagian orang dengan cara dijadikan sebagai minuman berupa jus. Rasa dari buah sirsak cukup kuat dan asam, sehingga apabila kita memakan buah yang satu ini seara langsung maka akan terasa kurang enak. Di balik rasanya yang kecut ternyata buah yang satu ini mempunyai banyak sekali mafaat untuk kesehatan kita. Manfaat buah sirsak memang sangat banyak, oleh karenanya sangat dianjurkan untuk anda mengkonsumsi buah ini sebagai sehari-hari.

Para Tabib tradisional,sejak dahulu memang telah mempercayai bahwa buah sirsak sebagai salah satu bauh ajaib yang mempunyai gizi serta nutrisi yang sangat penting yang dapat menyehatkan tubuh manusia. Rakyat Indonesia cukup beruntung karena buah yang mulai sulit ditemukan ini tumbuh subur di berbagai wilayah di tanah air. Bahkan belakangan ini, penelitian tentang manfaat buah sirsak untuk kesehatan dan kecantikan serta untuk kesehatan janin dan ibu hamil semakin marak dilakukan.

Vitamin C dan Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil

Saat ini, banyak perhatian yang dilakukan tentang buah sirsak, bukan hanya pada buahnya namun juga pada batang hingga daunnya. Nampaknya sudah saatnya bagi buah ini untuk bersinar di kancar internasional. Seperti halnya untuk kesehatan dan kecantikan, manfaat sirsak untuk ibu hamil ternyata cukup mengejutkan. Khususnya Vitamin C yang ada di dalamnya, dipercaya dapat membantu memperlancar dan meringankan beban ibu hamil yang begitu berat di saat sendang menjaga nyawa baru.

Oleh karena begitu banyak manfaat yang baru saja ditemukan dari buah yang ternyata sangat bergizi ini, buah sirsak mulai banyak dikenal dan dikonsumsi. Kalau dulu banyak orang yang mengatakan bahwa ibu hamil tidak boleh minum sari buah sirsak karena bisa mengakibatkan terjadinya hal yang tak diinginkan, seperti mual dan muntah karena rasanya yang asam, sekarang setelah banyaknya temuan tentang manfaat buah sirsak untuk ibu hamil, buah ini kian direkomendasikan untuk dikonsumsi sang calon ibu.

Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil dan Janin

Berikut adalah beberapa manfaat yang diperoleh ibu hamil jika rutin mengkonsumsi buah tropis ini:

1. Mencegah Mual di Awal Kehamilan

Buah sirsak sangat cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Rasa asam manis yang dimiliki oleh buah sirsak, dapat merangsang produksi air liur sehingga rasa mual akan sirna seketika setelah meminumnya. Adapun selain itu, rasa ama manis dari buah sirsak juga bisa meningkatkan nafsu makan Anda. Bagi yang biasanya malas makan di awal kehamilan, minumlah jus dari buah ini untuk kembali berselera makan.

2. Melancarkan Pencernaan

Buah sirsak juga dipercaya mampu untuk melancarkan pencernaan, terutama pada ibu hamil yang sering mengalami masalah konstipasi ketika mendekati periode akhir dari kehamilan. Hal ini bisa berdampak buruk untuk janin, oleh karena itu, dibantu dengan buah sirsak Anda akan merasa lebih lega.

3. Mencegah komplikasi

Buah sirsak dapat mencegah cacat lahir dan keguguran yang dikibatkan oleh kurangnya kehamilan pada saat fase kehamilan karena mengandung folat yang diperlukan oleh ibu hamil.

4. Mencegah diabetes kehamilan

Pertambahan berat badan selama kehamilan serta konsumsi makanan yang melebihi porsi biasa dapat membuat ibu hamil terkena diabetes kehamilan. Buah sirsak dapat membantu menjaga kadar gula darah agar tetap normal dan mencegah resiko diabetes.

5. Menstimulansi Produksi ASI

Seperti halnya daun katuk, buah sirsak juga bisa menstimulasi produksi ASI pada ibu hamil. Jika Anda ingin bayi Anda bisa langsung memperoleh colostrum dari ASI yang keluar pertama kali, konsumsilah buah ini. Jangan biarkan bayi Anda menunggu hingga aliran ASI Anda lancar pasca persalinan. Persiapkan sejak dini dengan mengkonsumsi buah atau jus sirsak di trimester kehamilan akhir.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang dikandung oleh buah sirsak matang sangat banyak, sehingga buah ini sangat baik jika dimnfaatkan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang disebabkan oleh asap kendaraan atau sinar matahari. Megkonsumsi buah ini seminggu sekali sebagai pencuci mulut mungkin bisa mencegah sariawan dan panas dalam, sangat dianjurkan bagi Anda yang biasa beraktivitas di luar ruangan.

Baca Juga : Manfaat dan Kandungan Tomat Untuk Kesehatan Mata

Demikianlah beberapa manfaat buah sirsak untuk ibu hamil. Tetapi perlu Anda perhatikan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi buah sirsak bukannya dapat membantu, malah mungkin bisa berbahaya karena bisa mengakibatkan muntah-muntah dan juga sakit perut pada ibu hamil. Oleh sebab itu, konsumsi secukupnya dan konsultasikan dengan dokter jika perlu.

6 Manfaat Buah Sirsak Untuk Ibu Hamil | carantrik | 4.5