5 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan Rambut

Cara N Trik –   Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan Rambut – Daun seledri adalah jenis tumbuhan yang mempunyai banyak manfaat. Selain dimanfaatkan sebagai penambah cita rasa makanan, daun seledri juga bermanfaat untuk dijadikan sebagai bahan untuk menjaga kecantikan serta memlihara kesehatan rambut. Masyarakat Cina terbiasa memanfaatkan umbi daun seledri sebagai pengobatan herbal, karena memiliki banyak kandungan bahan obat seperti senyawa poliasetilena sebagai anti bakteri dan jamur, antioksidan, juga berbagai nutrisi seperti mineral, dan beberapa jenis vitamin.

Pada bagian daun dan batang daun seledri terkandung berbagai macam antioksidan, mineral, protein, vitamin dan senyawa kimia poliasetilena yang bermanfaat sebagai anti bakteri dan anti-jamur. Daun seledri biasanya digunakan sebagai masker rambut untuk merawat rambut agar tetap sehat berkilau dengan dicampur minyak kemiri ataupun minyak zaitun. Masker rambut daun seledri ini banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan rambut. Berikut ini adalah manfaat daun seledri bagi kesehatan rambut.

5 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan Rambut

Jika anda ingin memperoleh manfaat dari daun seledri untuk menjaga kesehatan rambut secara alami, anda tinggal mencampurkannya sebagai bahan masker rambut atau bahan creambath alami. Ragam manfaat daun seledri bagi rambut antara lain:

1. Menghitamkan rambut

Jika anda ingin mempunyai rambut hitam legam seperti halnya bintang-bintang iklan shampoo di TV, anda bisa mencoba merawat rambut anda dengan menggunakan daun seledri. Perawatan alami ini tak akan menimbulkan efek samping misalnya reaksi alergi sebagaimana cat rambut kimia.

2.Menyuburkan rambut

Jika anda mengalami kerontokan rambut, ada baiknya anda memanfaatkan khasiat dari daun seledri ini. Dengan daun seledri rambut Anda akan kembali subur, karena bahan herbal ini bekerja merangsang pertumbuhan rambut.

3. Menghilangkan ketombe

Daun seledri memiliki manfaat yang menyerupai jeruk nipis sebagai pencegah rambut rontok, ini dikarenakan kandungan anti mikroba pada daun seledri berkhasiat untuk menghilangkan bakteri dan jamur, termasuk mikroorganisme parasit yang memicu ketombe pada kulit kepala.

4. Mengatasi Rambut Rontok

Ambil seledri sebanyak dua genggam. Bersihkan dan potong kecil-kecil. Selanjutnya haluskan dengan cara diblender. Setelah halus sempurna, simpan seledri yang telah halus dan kemudian campurkan dengan 1 butir telur yang telah dikocok. Aplikasikan campuran telur dan seledri tersebut di kepala Anda dan pijat lembut selama 15 menit. Setelah itu diamkan kurang lebih 1 jam dan bilas bersih.

5. Mengatasi Rambut Rontok

Untuk mengatasi rambut rotok, anda tinggal mengambil dua genggam seledri. Kemudian bersihkan dan potong kecil-kecil, setelah dipotong kecil-kecil selanjutnya dihaluskan dengan cara di blender. Setelah halus sempurna, simpan seledri yang telah halus dan kemudian campurkan dengan 1 butir telur yang telah dikocok. Aplikasikan campuran telur dan seledri tersebut di kepala Anda dan pijat lembut selama 15 menit. Setelah itu diamkan kurang lebih 1 jam dan bilas bersih.

Cara Menggunakan Daun Seledri untuk Kesehatan Rambut

Untuk memperoleh manfaat daun seledri untuk kesehatan mahkota Anda secara optimal, ada 2 cara yang dapat Anda coba:

  • Cara 1
    Siapkan sekitar 10 helai daun seledri lalu cuci bersih dan haluskan dengan blender atau secara manual. Sebelum melakukan perawatan ini, cuci rambut hingga bersih tanpa shampoo kemudian keringkan rambut tetapi jangan sampai kering total. Oleskan seledri yang telah dihaluskan pada bagian akar hingga ujung rambut sambil dipijat lembut. Diamkan selama 1 jam dengan dibungkus handuk atau shower cap, dan terakhir bilas hingga bersih.
  • Cara 2
    Untuk mendapatkan manfaat bahan alami ini dengan cara yang kedua, ambil segenggam daun seledri lalu cuci bersih dan rajang hingga lembut. Rebus daun dengan segelas air hingga mendidih lalu saring ramuan tersebut. Beri tambahan sesendok makan cuka lalu aduk hingga merata. Oleskan ramuan pada rambut yang telah bersih hingga merata mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut, diamkan hingga kering, kemudian bilas rambut Anda dengan air seperti biasa.

Baca Juga :  6 Jenis Makanan dan Minuman Yang Merusak Gigi

Demikian informasi mengenai Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan Rambut, semoga bermanfaat untuk anda. Perlu diketahui perawatan alami yang anda lakukan tidak akan memberikan hasil yang instan, perawatan ini perlu anda lakukan dengan konsisten minimal seminggu sekali. Hasilnya mungkin dapat anda rasakan setelah 1 atau 2 bulan. Selamat mencoba!

5 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan Rambut | carantrik | 4.5